Tahukah Kamu?

             Rumah untuk tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Aspek penting yang kemudian perlu menjadi pertimbangan dalam memilih atau membangun sebuah rumah diantaranya bagaimana merencanakan aliran udara dalam setiap ruangannya. Dengan demikian udara di dalam rumah dapat selalu terasa besih dan segar.

              Salah satu solusi untuk pengaturan aliran udara dalam ruang yang sekaligus dapat mengatur suhu dan kelembaban adalah dengan memasang Air Conditioning atau AC. Beragam tipe AC sudah di desain menyesuaikan kebutuhannya, seperti luas area, frekuensi penggunaan, model dan juga desain indoor yang dapat di sesuaikan dengan interior.

              Bagian AC sendiri terdiri dari 2 bagian, yaitu unit indoor yang dipasang di dalam ruangan berfungsi mengeluarkan aliran udara dingin, serta unit outdoor yang berisi mesin AC termasuk kompresor dan freon. Antara bagian outdoor ke indoor disambungkan dengan pipa freon yang bertujuan untuk mengalirkan freon. Sedangkan untuk pembuangan juga ada pipa yang biasanya ditanam di dalam dinding dan mengalir ke tempat pembuangan.

              Saat instalasi, terkadang ada AC yang dipasang berdekatan dan hanya dibatasi oleh dinding, dimana AC outdoor berada di sisi luar. Namun tahukah kamu, walau jika dihitung jarak indoor dan outdoornya mungkin cukup dekat, tapi panjang pipa freon itu tidak boleh kurang dari 3 Meter. Kenapa? Karena pipa sepanjang 3 Meter itu dibutuhkan agar oli yang berada dari mesin AC tidak ikut masuk sampai ke unit indoor, seperti tercantum dalam manual instalasi Daikin Thailand di bawah ini. Makanya, kadang terlihat di belakang posisi AC outdoor ada pipa yang dibentuk seperti gulungan, sebelum masuk ke dinding untuk disambungkan ke AC indoor.

              Jadi, saat kalian membeli sebuah AC, kalian akan mendapatkan 1 buah unit indoor beserta remote dan 1 buah unit unit outdoor, lalu ada pipa untuk pembuangan, serta sebuah pipa freon sepanjang 3 Meter. Namun jika kalian membutuhkan pipa freon yang lebih panjang lagi, tentu akan bisa di support oleh para penyedia AC, misalkan jika outdoor-nya mau diletakan agak jauh di suatu tempat di luar rumah kalian. Jangan lupa juga bahwa membuat rencana tata udara itu tidaklah semudah yang dibayangkan, sehingga untuk mendesain letak dan ukuran AC sebaiknya diserahkan kepada ahlinya tata udara, PT Sarana Tunggal Mulia. (WS).